Sunday

Isosorbide Dinitrate

 Terapi Angina Pectoris

Keadaan iskemik jantung pada angina pektoris dapat diberikan terapi dengan vasodilator koroner dan zat yang mengurangi kebutuhan jantung terhadap oksigen.( Beta-blocker dan antagonis kalsium ).
A. Vasodilator koroner , memperlebar arteri koronaria, memperlancar masuknya darah serta oksigen sehingga meringankan beban kerja jantung. Pada serangan akut , terapi utamanya (drug of choice ) adalah Nitrogliserin (sublingual ), dengan kerja cepat dan durasi singkat. Sebagai terapi interval untuk mengurangi frekwensi serangan, dapat digunakan nitrat long-acting (Isosorbide-nitrat) , antagonis kalsium (diltiazem, verapamil), dipiridamol.
B. Beta-blocker (penghemat konsumsi oksigen oleh jantung) yakni memperlambat pompa-kerja jantung (bradikardia,  efek kronotrop negatif), sehingga mengurangi kebutuhan oksigen miocard. Digunakan pula pada terapi interval. 

Isosorbide Dinitrate
*Isordil, Sorbidin, Cedocard

Derivat-nitrat siklis ini sama kerjanya dengan nitrogliserin, namun bersifat long-acting. Di dinding pembuluh darah, zat ini diubah menjadi NO (Nitogen-oksida) yang akan mengakifkan enzim guanilsiklase dan menyebabkan peningkatan kadar cGMP (cyclo-GuanilMonoPhosphat) di sel otot polos dan menimbulkan vasodilatasi. Secara sublingual , mula kerjanya dalam 3 menit dan bertahan hingga 2 jam, jika secara spay mula kerjanya dalam 1 menit dan bertahan hingga 1 jam, jika oral mula kerjanya masing-masing dalam 20 menit dan bertahan hingga 4 jam (tablet retard 8-10 jam)

Dosis: Pada serangan akut atau profilaksis, sublingual tablet 5 mg, bila perlu diulang sesudah beberapa menit. Dosis interval : oral 3 dd 20 mg d.c. (durante coenam/ pada waktu makan) atau tablet/kapsul retard maksimal 1-2 dd 80 mg. Spray 1,25-3,75 mg (1-3 seprotan/spray).

Sumber:
Obat-Obat penting. khasiat, penggunaan dan efek sampingnya (Drs. Tan Hoan Tjay, Drs. Kirana Rahardja) page: 600-1.

No comments:

Post a Comment

Pengkajian DHF Grade 3

bismillah.  DPJP : dr Taufik SpA.  An daffa putra/ 7,5 tahun / 15 kg / umum  Pasien datang dg keluhan panas sejak 5 hari yg lalu. Panas har...