Monday

Study Kasus Kedokteran

Study Kasus

Seorang laki-laki umur 57 tahun memiliki riwayat sudah 2 bulan batuk nonproduktif. Beliau tidak mengalami penurunan berat badan dan hemoptisis. Rekam medis menunjukkan bahwa beliau memiliki hipertensi dan diobati dengan beta-blocker.Pasien ini tidak terpapar asbes. beliau perokok aktif. Pada pemeriksaan didapatkan pasien tidak demam dan tidak memiliki gejala abnormal yang berarti. Foto Thorax menunjukkan ada massa jaringan lunak 2 cm di regio perihilus pulmo sinistra, yang muncul sebagai lesi baru yang tidak ditemukan pada foto thorax 2 tahun lalu.

Sebaiknya, langkah-langkah apa yang akan kita lakukan ?

Jawaban kasus adalah Nodul Pulmo.
Ringkasan : laki-laki 57 tahun perokok aktif dengan massa di pulmo sinistra kemungkinan besar adalah keganasan.

langkah berikutnya : CT Scan dengan kontras pada pulmo ,yang meliputi hepar dan glandula adrenal hendaknya dilakukan untuk mengidentifikasi massa lebih baik, dan mempersempit differensial diagnosis.

Analisa
Nodul pulmo yang soliter kemungkinan besar Kanker paru non-small cell. Adanya batuk, meskipun tidak spesifik dan umum pada perokok, hendaknya  tetap dievaluasi.


Sumber: di Translate dari Case Files Surgery - Lange

No comments:

Post a Comment

Pengkajian DHF Grade 3

bismillah.  DPJP : dr Taufik SpA.  An daffa putra/ 7,5 tahun / 15 kg / umum  Pasien datang dg keluhan panas sejak 5 hari yg lalu. Panas har...