Thursday

Acne Vulgaris

Jerawat.. jerawat.. haha.. Katanya bikin ga PD. hehe..
kali ini mau bahas tentang Jerawat atau dikenal sebagai Acne Vulgaris. Mumpung abis kuliah sama dokter spesialis kulit dan kelamin. Jadi ya UPDATE gitu, INFO terpercaya. :)

(Tapi maap-maap sekalian dokumentasi materi kuliah gitu, jadi ada bahasa latin.)

Acne Vulgaris

Komedo mempunyai bentuk papul, pustul , & vesikel. 
Acne dapat dipengaruhi hormonal. jadi bagi para wanita kan ada siklus bulanan, Menstruasi. Acne pada pre-menstruasi dan post-menstruasi adalah hal biasa. Acne dapat timbul di wajah, di punggung, di badan. Namun yang sering dikeluhkan jerawat di wajah.

Penyebab Acne : Multifaktorial
  1. Stress
    Jangan suka stress ya, banyak jerawatnya. hehe. Pada saat Stress akan memacu hormon Androgen. lalu terjadilah hiperplasi kelenjar sebaccea. Sehingga produksi sebumny banyak. Sebum yang tertimbun dan tidak bisa keluar ke permukaaan kulit sebabkan timbulnya Acne.

    Hormon Androgen dominan pada laki-laki. Jadi, bila hormon Androgen dominan pada wanita bisa menyebabkan wanita *maaf* ada seperti 'kumis' , kulit berminyak, berjerawat.

    Jadi, yang katanya jerawatan karena darah enggak bersih, darahnya kotor. itu Tidak Benar!!!
    lalu, Klo yang bilang banyak makan kacang sebabkan jerawat itu juga Tidak  Benar!!!. Kelebihan asupan makanan (misal: kacang, nasi, ayam, dll) akan di simpan sebagai lemak tubuh, jadi bukan 'nongol' di pipi.

    Naah, Gimana temen-temen ?!?!

    Pesen dokter nya enggak boleh termakan Iklan. Bismillah. Siap Bozz!!.
  2. Iklim / Cuaca
    Jadi ada istilahnya Acne tropikal. Acne pada orang-orang yang hidup di daerah tropis.

  3. Acne Drug in Use
    Penggunaan Obat Kortikosteroid dosis tinggi dalam kurun waktu tertentu juga bisa sebabkan Acne.
  4. Alergi
    Jika Alergi terhadap makanan/ penggunaan bedak, obat, dan lain-lain yang berdampak pada timbulny Acne.
Propionibacterium Acnes adalah Bacteri normal di kulit.
Namun jika dalam jumlah banyak bacteri ini tertimbun di saluran kelanjar sebaccea dan tidak bisa keluar, akan sebabkan reaksi radang/ Inflamasi. Dianggap benda 'asing' oleh sistem pertahanan tubuh.

Stratum Korneum kulit akan lepas dalam 14 hari dan akan digantikan dengan yang baru.
DHT (Dehidrotestosteron) adalah Androgen poten.

Terapi Acne pada wanita bisa dengan cara hormonal juga. Lawan dari hormon androgen adalah hormon estrogen (hormon yang dominan pada wanita). Hormon Estrogen sebabkan feminisme. Terapi hormon tidak diperuntukkan untuk laki-laki. :)
Bagaimana klo laki-laki di terapi hormon estrogen ?? Hati-hati entar 'Melambay2'  :), yang jelas lebih Feminin

Timbulnya Acne pada daerah Pre-aurikuler bisa menimbulkan nyeri. Karena disana tempat akhiran syaraf (End-Nerve).



Pillbury
membagi stadium Acne dalam 4 Grade. Grade 2 mulai ada proses inflamasi & Grade 4 disebut Acne Konglobata. Acne Konglobata banyak pada badan.

Macam Acne diantarany ada Acne excoriee pada wanita muda, ada juga Khlor Acne yaitu Acne yang timbul akibat terpapar klorin. Ada juga istilah Black head Comedo karena memang ada 'spot'/ noda hitam pada Komedo. Ada Neonatal Acne yaitu Acne yang ada pada Neonatus (baby umur < 1 bulan). Ada juga Acne kosmetika yaitu Acne yang timbul akibat penggunaan kosmetik, salah satu contoh krim cina (kata dokternya lho!!). Hendaknya diketahui komposisi krim kosmetik itu.

Meski Obat-obat Steroid dikatakan "Obat Dewa", namun pada proses Infeksi tidak boleh diberikan karena akan menekan sistem imunitas tubuh.


Komedo tidak boleh di 'keletus' / di pencet.. saking 'nafsuuu' ny . ampe gemes sama komedo.. ato karena ga nyaman sama komedo. Hal ini akan membuat lubang-lubang bekas 'kletusan' komedo tidak akan kembali menjadi kulit yang mulus.. alhasil jadi 'bolong-bolong'., yang disebut Skar Acne.
 

Diagnosis Banding Acne Vulgaris
Ada Acne Rossasea => hidung nya saja yang memerah dan membesar
ada juga Perioral Dermatitis => bintik-bintik seperti Acne di
sekitar bibir dan nyeri ... ini disebabkan karena Virus. Oleh sebab itu kontraindikasi penggunaan Steroid!.

Tipe Kulit ras pada manusia dibagi 6 kelompok. Tipe 1 pada orang-orang Eropa timur. Tipe 2 pada orang Afrika. Nah, kita orang indonesia masuk Tipe kulit ke 3. Orang Cina adalah Tipe kulit ke 4. yang ke 5 & ke 6 blum tau aii.. ada yg tau ??

Tuhan Maha Adil. maka kulit kita di 'Anugerahi' yang namany Melanin. Sebagai pembentuk warna kulit sekaligus melindungi kita dari paparan 'BerBAHAYA' sinar UltraViolet. Karena Afrika merupakan daerah yang terkena panas sepanjang tahun, makanya orang afrika komponen melanin kulitny lebih banyak. Sehingga lebih hitam lah kulitny, sedang orang Eropa timur yang adeeeem dan kena paparan sinar UV dalam jumlah sedikit, kulitny relatif putihh.

"Oh iya mungkin karena alasan 'bakat' melanin yang sudah ada pada diri setiap manusia, yang sebabkan IKLAN "memutihkan dalam 7 hari". Tidak Berlaku!  (Maaf , tidak sebut merek.. )

So, Bagi Anda orang-orang Indonesia pake SunBlock adalah disarankan! , Bukan kemayuuuu.. tapi lebih pada sisi kesehatan. (Klo saya blum pake .. :) mungkin ada Rencana. .). Karena paparan sinar UV dlm jumlah besar bisa memicu timbulnya Kanker kulit, bisa juga memicu Basalioma (ini Ganas) lebih aktif lagii jika terpapar UV. Yang berbahaya terutama UV A ( UV ini menembus kaca) ada juga UV B (naah, klo yang ini tak tembus kaca). Jadi jangan bayangkan kalo kita di ruangan tidak terkena paparan UV yaa. Selama ruangan itu teraang karena pantulan sinar matahari, maka itu adalah paparan UV juga. Namun dalam kadar yang lebih rendah ketimbang kena paparan sinar matahari langsung.  

Bagi yang berkulit lembab penggunaan sunblock boleh, namun disesuaikan jangan terlalu creamy, agar tidak menyumbat sebum (minyak kulit), shg tidak bisa keluar ke permukaan kulit lalu timbullah Acne. Bagi yang berkulit lembab, tidak perlu memakai pelembab lagi. Pelembab di pakai bagi yang berkulit kering.


~Semoga Bermanfaat~
 
Posting sebelumnya klik disini


No comments:

Post a Comment

Pengkajian DHF Grade 3

bismillah.  DPJP : dr Taufik SpA.  An daffa putra/ 7,5 tahun / 15 kg / umum  Pasien datang dg keluhan panas sejak 5 hari yg lalu. Panas har...